Tuesday, May 26, 2015

JANGAN SEMBARANGAN SHARE DI MEDSOS !!!!

Akhir-akhir ini banyak sekali para netizen menshare berita, artikel atau yang lainnya ke Medsos, untuk artikel atau berita yang tidak berbau provokasi, sara atau berita yang tidak menjurus ke negative itu bagus untuk berbagi pengetahuan teman-teman medsos kita, tapi untuk share sebaliknya di media sosial akhir-akhir ini membuat saya sering menghela nafas....  seringkali saya melihat berita yang di share dari situs berita yang isinya kadang  tidak lagi berpegang dengan janji dan sumpah wartawan,

Wartawan atau penulis berita sebenarnya diharapkan mewartakan kebenaran dengan benar, bukan sebaliknya. Banyak wartawan yang memberitakan sebuah kebenaran dengan cara yang salah, akhirnya kebenaran itu menjadi bias. Demikian sebaliknya menuliskan kesalahan seolah-olah benar sehingga kesalahan itu dianggap benar.

Saya hanya mengamati dengan cara sederhana, yaitu membaca tema berita yang sama dari berbagai situs atau surat kabar dan menonton di berbagai media televisi : dari tema berita yang sama maka penyampaian wartawan bisa berbeda-beda, ada positif ada negative, dari berita yang sama bahkan ada yang menimbulkan hoax. Tapi dalam berbagai kejadian banyak juga wartawan yang mampu melihat persoalan dengan jernih, sehingga mereka justru menjadi orang yang memberikan solusi terhadap sebuah masalah.

Tetapi ada sebagian  netizen yang senang sekali menshare berita yang disajikan wartawan ke medsos setelah membaca berita atau artikel tanpa di teliti dulu kebenarannya, Para netizen  percaya saja bahwa berita yang disajikan itu adalah benar, karena sesuai dengan apa yang mereka fikirkan.  

Alangkah bijaknya bila kita membaca berita tidak langsung di share di media sosial, tapi di klarifikasi dulu dengan berita-berita  dari situs lain dan di teliti dulu, apakah sudah benar apa yang kita share? karena kita harus sadari jika kita sudah me-share berita-berita tersebut maka bukan hanya kita yang membaca tapi juga teman-teman  medsos kita, dengan kata lain kita adalah kepanjangan tangan dari wartawan yang mempublikasikan berita tersebut.

Inilah yang membuat terjadinya pro kontra bahkan berujung pertikaian... bisa jadi secara tidak sadar kita ikut mempublikasikan berita yang salah.

Mulai sekarang yuk para netizen kita mesti bijak dan selalu berhati-hati  sebelum memutuskan untuk menshare berita. Jika kita sudah mengetahui kebenarannya jangan pula langsung terburu-buru menshare. karena terkadang beberapa berita yang sudah jelas kebenarnya justru tidak perlu disebarkan jika hal itu menimbulkan kerusakan yang lebih parah, berita yang seperti itu bisa jadi harus ditahan untuk sementara waktu, agar tidak menimbulkan ghibah semata.

Semoga berkenan...

Original Write By Armeina Tanjung


No comments: